Mahasiswa STAK Cilegon Perdalam Pemahaman ISO 17025 Melalui Stadium General

Kurikulum pendidikan yang diberikan STAK Cilegon kepada mahasiswa disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri saat ini, di antaranya pemahaman mengenai ISO. Mata kuliah manajemen mutu misalnya merupakan pembelajaran yang terkait dengan ISO 9001 Quality Management System, selain itu mata kuliah sistem manajemen lingkungan terkait dengan ISO 14001 Environmental Management System. Selain kedua mata kuliah reguler tersebut, melalui kegiatan-kegiatan stadium general atau kuliah umum, mahasiswa juga diajak untuk mengenal jenis standar ISO yang lain seperti sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (ISO 45001), dan sistem manajemen laboratorium (ISO 17025). Khusus ISO 17025 penting untuk diajarkan karena sebagai perguruan tinggi yang memiliki program studi berbasis ilmu kimia maka program pendidikan di STAK Cilegon tidak bisa dilepaskan dari keilmuan mengenai manajemen laboratorium, standarisasi, dan validasi metode analisis.

Seperti kegiatan stadium general yang telah diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2018 yang lalu, mahasiswa STAK Cilegon memperdalam ilmu pengetahuannya dengan mempelajari konsep standarisasi, manajemen laboratorium, hingga validasi metode analisis. Pemateri pada kuliah umum tersebut adalah Bapak S. V. Tokan, S.Si yang merupakan konsultan ISO dari Qualyst Performa Manajemen. Materi yang diberikan sangat menarik, terbukti dari antusiasme mahasiswa ketika mendengarkan materi.

3

Berdasarkan Undang Undang no. 20 tahun 2014 tentang standarisasi dan penilaian kesesuaian, pengertian standar adalah persyaratan teknis atau sesuatu yang dibakukan, termasuk tata cara dan metode yang disusun berdasarkan konsensus semua pihak/pemerintah/keputusan internasional yang terkait dengan syarat keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup, perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, pengalaman, serta perkembangan masa kini dan masa depan untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya. Oleh karena itu, diharapkan konsep keilmuan yang diberikan dapat bermanfaat ketika nantinya mahasiswa sudah lulus dari STAK Cilegon dan terjun di dunia karir.

1

Admin