RANGKAIAN KEGIATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DAN SPAK 2019 – SEKOLAH TINGGI ANALIS KIMIA CILEGON

Rangkaian kegiatan kuliah umum, pengukuhan penerima beasiswa, dan kegiatan sosialisasi pengenalan akademik dan kemahasiswaan (SPAK) serta Inaugurasi 2019 telah sukses dilaksanakan civitas akademika STAK Cilegon di bulan Agustus lalu. Pada 24 agustus 2019 bertempat di kampus STAK Cilegon, dilaksanakan kegiatan kuliah umum dan pengukuhan beasiswa. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09:00 WIB, yang diawali dengan proses pengukuhan penerima Beasiswa. Sambutan pertama dilakukan oleh Bapak Muhammad Junaedi, ST, M.Si kemudian dilanjutkan dengan pembacaan peraturan Ristekdikti oleh Bapak Boima Situmeang, M.Si. Acara inti yaitu pelantikan peserta beasiswa bidikmisi dan yayasan yang berjumlah 16 orang. Pembacaan janji beasiswa oleh Bapak Muhammad Junaedi, ST, M.Si dan diikuti oleh seluruh peserta penerima beasiswa. Setelah acara pengukuhan beasiswa selesai dilanjutkan dengan acara Kuliah Umum dengan pemateri kuliah umum yaitu Bapak Prof. Dr. Drs. H. Adi Santoso, M.Si dengan tema “Upaya Menggapai Sukses di Era Millenial”.

Selang sehari setelah berlangsungnya acara pengukuhan penerima beasiswa dan Kuliah Umum dilanjutkan dengan Sosialisasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (SPAK) yang dilaksanakan pada tanggal 26 – 29 agustus 2019. Kegiatan ini dilaksanakan agar para mahasiswa baru dapat mengetahui dan mengenali kegiatan-kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang ada di kampus serta membekali mahasiswa baru tentang dunia kampus. Manfaat kegiatan ini yaitu dapat melatih kemandirian, kedisiplinan, dan moralitas mahasiswa STAK Cilegon.

Setiap pagi para mahasiswa baru rutin untuk menyetorkan hafalan sistem periodik unsur golongan IA – VIIIA. Tentunya kegiatan ini juga didukung oleh pihak kampus sebagai bekal bagi para mahasiswa sebelum mengikuti perkuliahan. Dalam kegiatan SPAK ini diisi dengan berbagai materi dari para dosen atau dari pihak eksternal. Adapun materi dari dalam kampus sendiri seperti materi Kimia Asyik oleh Bapak Fauzan Amin, M.Si. Beliau membahas mengenai kegunaan bahan-bahan kimia dalam kehidupan contoh bahan kimianya terdiri dari beberapa unsur dalam golongan IA. Selain itu ada pula materi tentang Pemanfaatan Teknologi dan Etika Mahasiswa yang disampaikan oleh Bapak Boima Situmeang, M.Si, serta masih banyak pemateri yang lain. Adapun pemateri dari pihak eksternal yaitu materi tentang Kenegaraan oleh Bapak Dodik Herdianto yang merupakan pemateri dari KODIM 0623 Cilegon serta dari Dinas Kesehatan Kota Cilegon yang disampaikan oleh ibu Lita Fitriana dengan tema HIV/AIDS.

Setelah acara SPAK berakhir, dilanjutkan dengan acara inaugurasi yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 31 agustus sampai dengan 1 september 2019, bertempat di Lembah Bukit Hijau (LBH). Inaugurasi ini merupakan acara rutin yang diadakan setelah SPAK, yang bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru. Acara ini dimulai pada pukul 13:00 WIB, diawali dengan acara pembukaan oleh bapak Prof. Dr. Drs. H. Adi Santoso, M.Si. Dalam acara ini juga dilangsungkan kegiatan yang melibatkan dosen, panitia serta mahasiswa baru yang bertujuan agar saling menjaga kekompakan satu dengan yang lainnya.

_SAM0289

_SAM0244

Selain itu dalam acara ini terdapat satu momen yang benar-benar membuat mahasiswa baru menangis, yaitu kegiatan renungan malam refleksi diri yang diadakan pada malam hari. Refleksi ini dilakukan agara mahasiswa baru melepaskan semua beban dan membuat pikiran mereka menjadi segar untuk menyambut kehidupan baru mereka. Selain itu dengan refleksi juga dapat membuat tidur dengan nyenyak dan tenang.

_SAM0419

_SAM0679

Pagi hari semua dosen, panitia, dan mahasiswa baru melakukan senam bersama dan dilanjutkan dengan sarapan dan permainan-permainan ketangkasan. Sebagai sambutan penutup yang menandai berakhirnya kegiatan SPAK dan Inaugurasi, Prof. Dr. Drs. H. Adi Santoso, M.Si mengucapkan selamat kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan dan mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru karena telah resmi menjadi bagian dari kampus Sekolah Tinggi Analis Kimia Cilegon.

_SAM0748

_SAM0746

_SAM0951

_SAM0791

Bidang Kominfo BEM STAK Cilegon