Pramuka STAK Cilegon

SEJARAH PRAMUKA STAK CILEGON RACANA SULTAN MAULANA MUHAMMAD & RACANA NYIMAS RATU AYU WANAGIRI

 

Sejak tahun 2015 telah dirintis pembinaan dan pendirian gugus depan yang berpangkalan di Sekolah Tinggi Analis Kimia Cilegon (STAK-C). Hal ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat mengembangkan diri lewat pendidikan kepramukaan.

Bermula dari prakarsa mahasiswa angkatan 2014, Ahmad Firdaus dan Supandi maka terkumpul beberapa mahasiswa yang pernah aktif menjadi anggota Pramuka untuk membentuk suatu wadah kegiatan kepramukaan di lingkungan STAK Cilegon, didasari pemikiran bahwa profesi pendidik/guru merupakan salah satu pilihan profesi yang bisa diambil oleh lulusan STAK Cilegon, dan guru dengan sendirinya akan menjadi pembina Pramuka.

Usaha untuk maju dan memajukan kampus betul-betul diusahakan, dan pada tanggal 23 Januari 2016 dikukuhkan gugus depan yang berpangkalan di STAK Cilegon. Berlandaskan surat keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 180 A tahun 2011 tentang petunjuk pelaksanaan gugus depan gerakan Pramuka yang berpangkalan di kampus perguruan tinggi, maka STAK Cilegon memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif dalam gerakan Pramuka sesuai dengan minatnya. Tanggal 23 Januari 2016 juga diadakan pelantikan Mabigus Kota Cilegon 05.107 – 05.108 yang disaksikan oleh Kak Drs. Taufiqurrahman HS, M.Pd selaku Ketua Mabicab.

Susunan Mabigus pada waktu itu adalah sebagai berikut:

Ketua Mabigus            : Kak Prof. Dr. Drs. H. Adi Santoso, M.Si (Ketua STAK Cilegon)

Waka I                         : Kak Dr. Heny Hindriani, M.Si (Bidang Akademik)

Waka II                        : Kak Andri Agus Anugrah, S.E, M.Pd (Bidang Adm. & Keuangan)

Waka III                       : Kak M. Junaedi, ST, M.Si (Bid. Kemahasiswaan & Kerjasama)

Sedangkan untuk pembina gugus depan putra (Gugus Depan Kota Cilegon 05.107) dipercayakan kepada Kak Suheli Karyadi (Pengurus Kwarcab Cilegon). Pembina gugus depan puteri (Gugus Depan Kota Cilegon 05.108) dipercayakan kepada Kak Roslaeli, S.Pd (Dosen STAK Cilegon).

Sebelumnya nama racana Pramuka STAK Cilegon bernama Surosowan (Putra) dan Kaibon (Putri), setelah dilaksanakan rapat pleno pada tanggal 16-17 April 2016 Nama racana tersebut berganti nama menjadi Sultan Maulana Muhammad dan Nyimas Ratu Ayu Wanagiri. Sedangkan untuk Struktur kepengurusan Racana Tersebut dipimpin oleh Ahmad Firdaus (Ketua Dewan Racana Putra), Fitria Hastuti (Ketua Dewan Racana Putri), Supandi (Pemangku Adat Putra) dan Herlinda (Pemangku Adat Putri).

Kegiatan yang diikuti antaranya event Nasional & Internasional yaitu:

  1. Latihan Gabungan Nasional Pramuka Perguruan Tinggi (LATGABNAS PERTI VII) di Universitas Airlangga Surabaya – Jawa Timur, tahun 2015.
  2. Latihan Gabungan Nasional Pramuka Perguruan Tinggi (LATGABNAS PERTI VIII) di Universitas Padjajaran Bandung – Jawa Barat, tahun 2016.
  3. Jamboree On The Air & Jamboree On The Internet (JOTA JOTI), tahun 2016.

 

Kegiatan yang diikuti dalam event Cabang & Daerah yaitu:

  1. Karya Bhakti Lebaran Kwartir Cabang Kota Cilegon, tahun 2016.
  2. Raimuna Cabang IV Kota Cilegon, tahun 2016.
  3. Karang Pamitran Daerah Banten, tahun 2016.

 

Kegiatan yang sudah terlaksana yaitu:

  1. Pesona Ramadhan Pramuka STAK Cilegon, tahun 2015.
  2. Wonderful Of Ramadhan (WOLFRAM) Pramuka STAK Cilegon, tahun 2016.

Penerimaan Tamu Racana dan Orientasi (PETAROTASI), tahun 2016.

Logo Racana Putera
Logo Racana Putera
Logo Racana Puteri
Logo Racana Puteri

 

Racana SM Muhammad & NRA Wanagiri Pramuka STAK Cilegon - Banten
Racana SM Muhammad & NRA Wanagiri Pramuka STAK Cilegon – Banten
foto-petarotasi-1
Penerimaan Tamu Racana dan Orientasi (PETAROTASI) Gerakan Pramuka