Seminar Online Desain Grafis dengan Tema Desain Logo dan Pamflet di Era Bisnis

Hari jum’at, 17 Juli 2020 pukul 19:30 WIB telah dilaksanakan kegiatan seminar daring (online) mengenai desain grafis yang selenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa STAK CILEGON dengan tema “Desain Logo dan Pamflet di Era Bisnis”. Tujuan diselenggarakan kegiatan seminar ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai desain grafis terutama dalam bentuk logo dan pamflet dimana pada era milenial ini desain grafis sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Selain itu juga tujuan lain diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengisi waktu luang di era pandemi dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, contohnya mengikuti kegiatan seminar online ini. Adapun sasaran seminar ini adalah masyarakat umum. Sedang sasaran utama nya adalah mahasiswa dan para pelajar.

Seminar ini diikuti oleh 95 peserta dan 1 orang pemateri. Mayoritas peserta seminar ini adalah para mahasiswa. Pemateri pada seminar kali ini adalah Roid M. Fadel Aziz, yang juga merupakan mahasiswa aktif program studi ilmu perpustakaan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia merupakan seorang freelance desain grafis dan portofolio inspiring design projects.

1

Teknis pelaksanaan seminar ini dilakukan secara online melalui aplikasi WhatsApp dengan menggunakan slide power point dan pemaparan materi melalui voice note. Seminar dimulai pada jam 19:30 WIB, diawali dengan pembukaan dan pembacaan CV pemateri. Selanjutnya pemaparan materi dimulai sejak pukul 19:45 s/d 21:30 WIB. Materi pertama yang disampaikan adalah mengenai materi desain logo dimana kak Roid Fadel menjelaskan secara lengkap dan rinci mengenai dasar-dasar logo. Berikut beberapa pokok pembahasan pada seminar:

  1. Pengertian logo

Logo merupakan sebuah simbol yang menggambarkan ciri khas pada produk, hingga citra perusahaan. Logo sangatlah penting dalam branding. Dengan logo yang baik dan menarik dapat memengaruhi konsumen dalam waktu singkat. Adapun peranan logo dalam branding sebagai wajah dan nama, karakter dan harga.

  1. Jenis jenis logo

– Logogram adalah logo yang dituangkan dalam bentuk gambar

– Logotype adalah logo yang merupakan hasil pengolahan dari font.

  1. Prinsip-prinsip pembuatan logo
    • Simpel
    • Unik
    • Relevan
    • Timeless
    • Adaptif
  2. Lima tahapan pembuatan logo
    • Membuat brief
    • Melakukan riset
    • Mencari referensi desain
    • Membuat sketsa
    • Mendesain secara digital

Pada proses pembuatan desain logo pula terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu pemilihan warna. Pemilihan warna harus sesuai dengan tema yang ditentukan diusahakan warna yang digunakan dapat menarik perhatian masyarakat. Lisensi penting bagi kita untuk mengetahui hak pakai terhadap font maupun animasi atau simbol lain yang kita bebas ambil dari mikrostok desain seperti freepik, dafon, dan lain-lain. Hal tersebut agar ketika digunakan dalam karya kita, aman dan tidak melanggar hak cipta. Yang terakhir adalah makna setiap logo harus memiliki makna baik makna yang tertuang dalam gambar ataupun tidak.

2

Setelah pemaparan materi desain logo selesai, dilanjutkan dengan pemaparan materi desain pamflet. Beberapa poin penting dari desain pamflet adalah media publikasi yang berupa tulisan gambar atau ilustrasi yang bersifat persuasif, dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak. Tips membuat pamflet: menentukan topik dan tujuan, komposisi desain, penambahan gambar, ikuti trend desain, dan penggunaan garis bantu. Kak Roid pun penyampaikan bahwa terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh desain pemula. Seperti: mengabaikan hirarki visual, salah penggunaan font (typography), dan tidak menggunakan gambar atau ilustrasi. Penggunaan gambar atau ilustrasi di pamflet dapat membuat pamflet yang didesain akan lebih menarik dan tidak membosankan. Selain itu tidak melakukan pemeriksaan akhir, pemeriksaan ini bertujuan agar tidak terdapat typo pada penulisan di pamflet.

Penyampaian materi selesai pada pukul 21:30 dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab hingga penutupan. Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan keahlian mahasiswa, serta dapat diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan BEM STAK Cilegon.

 Departemen Kominfo BEM STAK Cilegon

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *