Ketua BEM Wakili STAK Cilegon dalam Program Nusantara Bersatu yang Diselenggarakan Mabes TNI

IMG-20171007-WA0037

Ketua BEM STAK Cilegon, Khoirul Umam telah mengikuti kegiatan Nusantara Bersatu yang ke-2 tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI). Kegiatan ini diikuti sekitar 1000 peserta putra-putri terbaik bangsa dari seluruh penjuru tanah air. Wisata berlangsung 4 hari mulai tanggal 3 – 6 Oktober 2017 dan kegiatan berlangsung di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Program Nusantara Bersatu bertujuan untuk meningkatkan wawasan nusantara peserta agar lebih mengetahui tentang jati diri sebagai masyarakat bangsa yang terdiri atas ratusan etnik dengan berbagai budaya namun dalam satu tekad “Bhineka Tunggal Ika”.

Keikutsertaan Khoirul Umam yang diutus langsung oleh kodim 0623 kota Cilegon berawal dari prestasi Umam yang berhasil menjadi juara 1 lomba tilawah Al-Quran seprovinsi Banten pada tanggal 20 Juli 2017 yang bertempat di kampus UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten. Berdasarkan latar belakang tersebut maka Umam diutus sebagai perwakilan mahasiswa berprestasi asal Cilegon.

Berikut adalah hasil wawancara reporter Supandi dengan Khoirul Umam:

“Saya sangat gembira karena di sana bukan hanya wisata tetapi banyak pengalaman yang didapat, saya bisa kenal dengan mahasiswa dari berbagai daerah dan suku bangsa. Saya juga bisa melihat langsung berbagai pertunjukan adat mereka yang ditampilkan di aula serba guna Mabes TNI yang dihadiri langsung oleh panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Panglima TNI mengatakan bahwa mahasiswa adalah generasi penerus bangsa, pemuda harapan bangsa, dan di tangan mahasiswa terletak masa depan bangsa ini, dan di sana juga saya ditunjuk untuk menceritakan bagaimana saya bisa memasuki perguruan tinggi sekaligus menerima beasiswa dari STAK Cilegon.”

“Selama saya mengikuti kegiatan baru kali ini saya bisa naik kapal perang milik TNI, di sana saya dibina dan dimotivasi bagaimana saya harus meraih masa depan yang cerah dan lebih baik untuk bangsa dan Negara. Umam ditunjuk sebagai salah satu ketua kelompok karena mendapat kepercayaan oleh temen-temen nusantara, dan di sana saya seperti tamu terhormat yang kebutuhan makan hingga tidur sudah disediakan.”

“Hari ke-2 saya dibawa ke museum pertahanan NKRI, di sana banyak monumen-monumen bersejarah dalam masa kemerdekaan Indonesia. Hari ke-2 pula saya menerima cinderamata berupa tas, buku, baju, dan perlengkapan mandi. Tidak lupa saya juga mensosialisasikan tentang STAK Cilegon kepada teman-teman dalam kegiatan ini.”

“Hari ke-3, tanggal 5 Oktober saya diikutkan pula untuk merayakan HUT TNI yang ke-72 yang bertempat di pelabuhan Indah Kiat di Merak, Cilegon. Saya dinaikkan dalam kapal perang TNI dari Pelabuhan Cigading sampai pelabuhan Indah Kiat dan pulangnya begitu pula, dan pada hari terakhir tanggal 06 Oktober saya kembali menerima cinderamata yang paling berkesan berupa tas dan laptop, sebagai anak bangsa yang berprestasi.”

IMG-20171007-WA0039

IMG-20171007-WA0038

IMG-20171007-WA0036

IMG-20171007-WA0037

Supandi

One thought on “Ketua BEM Wakili STAK Cilegon dalam Program Nusantara Bersatu yang Diselenggarakan Mabes TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *